Candi Prambanan, Yogyakarta

img_4509-minSaya mau membahas sedikit tentang perjalanan Saya ke Candi Prambanan dengan sepupu Saya yang kala itu diterima di Jurusan Akuntansi UMY 2014. Yeah, that’s right, sebelumnya Saya kuliah di UMY setahun dan tahun 2014 Saya diterima di Akuntansi UGM. Sehingga Saya dan sepupu Saya, Yasin jadi satu angkatan. Wkwk, lupakan.

Lanjut ke topik, waktu Saya jalan ke Candi Prambanan pada 5 September 2014. Untuk perjalanan dari daerah Gamping menuju Candi Prambanan itu sekitar 1 jam setengah, itu kalau jalan naik motor dan santai. Dan kalau biaya masuk ke Candi Prambanan itu sekitar Rp25.000,-, dan Saya kurang tau kalau biayanya sekarang berapa.

Oiya, mau sedikit memberi masukan, mungkin bagi sebagian mereka khususnya warga Jogja Rp25.000,- itu relatif mahal. Dan sayangnya, kebanyakan dari warga Jogja tidak jarang mereka kurang berminat untuk ke Candi Prambanan untuk belajar atau sekedar melihat salah satu karya Arsitektur peninggalan asli masyarakat Jogja tersebut. Jadi, Saya ingin menyarankan kepada pemerintah kepariwisataan daerah Jogja memberikan pengecualian kepada masyarakat Jogja, khususnya pelajar asli Jogja untuk diberikan diskon 50% dari harga masyarakat umum dan membuat tarif khusus untuk para wisatawan dari negara asing. Kenapa? Karena masyarakat Jogja-lah yang lebih mengerti Sejarah tentang Jogja itu sendiri dan generasi Jogja yang sekaranglah yang seharusnya mempelajari warisan budaya tersebut, tidak hanya mereka WNA. Udah deh, gitu aja, sekian.

Leave a Reply

