Tamansari, Yogyakarta

More than 250 words

Assalammualaikum.. Hi Guys!

Oke guys, kali ini Saya mau menjelaskan sedikit tentang perjalanan Saya ke Tamansari, Yogyakarta. Tamansari merupakan salah satu komplek, yang terdiri dari beberapa tempat yang mungkin memiliki daya tarik tersendiri khususnya bagi kalian yang mencari spot untuk berfoto ria.

Pertama kali Saya ke Tamansari pada bulan Juli 2013. Saya sering ke Tamansari ini. Tempat-tempat yang biasa dikunjungi di Tamansari ini ada; Kolam Renang, Bangunannya, dan Masjid Bawah Tanah. Untuk biaya masuk biasanya hanya modal bayar parkir, tapi kalau mau ke Kolam Renangnya kita musti beli tiket yang harganya tidak terlalu mahal, sekitar Rp15.000,- per orangnya.

Yang pertama, setau saya, di Tamansari itu ada kolam renang tempat dimana Raja memilih calon permaisurinya. Jadi, dahulu masyarakat itu sangat patuh terhadap Raja dan mempersilahkan sang Raja untuk memilih permaisurinya di kolam ini. Hal ini boleh dikomentari dikarenakan Saya hanya mendengar dari salah seorang yang beliau sudah tinggal di Jogja dari tahun 70an. Ini dia fotonya.

033-min

Selain itu, ada juga beberapa tempat yang biasanya anak-anak hits banyak berfoto, yaitu bangunan ini (Saya tidak tahu nama bangunan ini, karna tiap berkunjung ke Tamansari ini tidak pernah dengan tourguide, alasan wkwk).

119-min

Dan yang terakhir, yaitu Masjid Bawah Tanahnya yang biasanya jadi tempat foto Prewedding. Dan  Saya rekomendasikan, jika anda ingin ke komplek Tamansari ini, datanglah ketika masih pagi (sekitar jam 7-9) yang mana masih tidak terlalu ramai pengunjung. Jadi kalau bisa, jangan siang apalagi sore, itu rame banget. Bisa dilihat di bawah foto masjidnya.

147-min

Oiya, sedikit informasi mengenai Masjid ini. Jadi, bagian atas atau lantai 2 masjid ini merupakan shaf ibadah bagi kaum muslim laki-laki sedangkan yang bawah untuk shaf muslimah. Lima tangga itu melambangkan 5 rukun iman, namun Saya pernah mendengar bahwa kelima tangga tersebut melambangkan 5 waktu sholat dalam sehari bagi kaum muslim (Ini boleh dicari tau lagi informasi lebihnya). Dibawah tangga tersebut, ada kolam, kalau dulu kolam tersebut merupakan sumber air untuk tempat wudhu.

Okedeh, sekian dulu, mungkin hanya itu yang bisa Saya sampaikan. Waassalammualaikum.

Leave a Reply

