Candi Sambisari, Candi Ijo dan Candi Abang, Yogyakarta

More than 250 words

Kali ini Saya mau membahas perjalanan Saya yang pada awalnya direncanakan menuju Candi Ijo dan Candi Abang pada 12 Februari 2015. Ketika di perjalanan, di daerah Bandara Adisucipto Yogyakarta, Saya melihat penunjuk arah yang bertuliskan Candi Sambisari, dan seketika Saya berhenti di pinggir jalan itu. Setelah berunding kami pun menuju Candi Sambisari tersebut.

As always, ketika di perjalanan Saya tidak pernah yang namanya tidak bertanya kepada masyarakat sekitar mengenai tempat yang kami tuju, karna sesuai pepatah “Malu bertanya, sesat dijalan.” itu  bagi Saya sangat berlaku, kecuali dengan keluarga, biasanya yang bawa mobil yang nanya jalan. Oke lupakan itu, lanjuuut.

Ketika kami sampai di Candi Sambisari, sepi. Itu yang pertama kali kami rasa. Oiya, untuk waktu perjalanan dari Kota Yogyakarta sampai Candi Sambisari membutuhkan waktu kurang dari 1 jam, dan untuk biaya masuk, gratis, tanpa dipungut biaya, kecuali parkir. Kami hanya perlu menulis nama di daftar pengunjung Candi Sambisari, karna (kalau ga salah) pada saat itu Candi Sambisari belum di kelola sepenuhnya oleh pemerintah setempat, masih dalam proses persetujuan (kalau ga salah lagi).

Jadi, daerah tersebut pada awalnya merupakan ladang sawah, pada saat itu salah seorang petani sedang memacul ladangnya dan menemukan batu, dan karna (mungkin karna batunya ga bisa digeser akhirnya di gali deh) hingga akhirnya ketemulah Candi Sambisari tersebut. Kalo untuk penamaan candi tersebut Saya kurang tahu, tapi kemungkinan besar nama candi tersebut terdapat pafa Cacatan Sejarah di Keraton, mungkin (sok tau bet wkwk)

candi-sambisari-ijo-dan-abang-056-min

Setelah puas foto sana-sini, meskipun mendung dan akhirnya gerimis, kami tetap melanjutkan perjalanan ke Candi Ijo. Untuk perjalanan menuju Candi Ijo dari Candi Sambisari itu kurang dari 45 menit, dan untuk biaya masuk waktu itu masih di bawah Rp25.000.

candi-sambisari-ijo-dan-abang-147-min

Setelah dari Candi Ijo, kita menuju Candi Abang. Untuk perjalanan dari Candi Ijo ke Candi Abang itu kurang dari 30 menit, bahkan nyasar sekalipun dan untuk biaya masuk Candi waktu itu perorangnya masih Rp15.000 (kalau ga salah). Jadi, Candi Abang merupakan candi yang sudah terkubur oleh tanah, terbentuk seperti gundukan tanah yang membentuk bukit. Ini dia fotonya.

candi-sambisari-ijo-dan-abang-273-min

Setelah foto-foto kita balik ke Jogja (yakali minep). Udah deh, mungkin itu aja yang bisa diceritakan, sekian.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s